Minggu, 13 Juni 2010

Tamasya Ke Pantai Selatan Karang Bolong, Kebumen


Pantai Karang Bolong terletak 18 km kearah selatan dari kota Gombong kabupaten Kebumen dan dapat ditempuh melalui Gombong kemudian mengambil transportasi jurusan Karang Bolong, bisa juga melalui kota Kebumen mengambil jurusan Petanahan setelah itu melalui Pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju Pantai Karang Bolong karena memang letaknya berdekatan. Pantai ini tidak terlalu luas seperti pantai lepas pada umumnya karena lokasi pantai ini terdapat dibawah perbukitan dengan struktur batu sedimen atau batu kapur dari gunung berapi yang tidak terlalu tinggi, Selain indah pantai ini juga memiliki pemandangan yang begitu menawan dengan bibir pantai yang landai dan ombak yang tinggi bawaan dari samudera Hindia. Selain itu juga terkenal dengan ciri khas pantai yaitu terdapatnya burung lawet yang memberi suasana berbeda dibanding pantai-pantai lain dan burung lewet ini juga merupakan devisa pemerintah daerah yang sangat tinggi meski letak sarang ternaknya bukan dipantai itu namun banyak juga yang bersarang dipantai ini dan kehadiran burung ini memberi suasana alami dipadu dengan pohon-pohon kelapa yang menjulang dengan nyiur yang melambai menambah kesejukan pantai ini. Pantai Karang Bolong juga terdapat gowa, konon disebut Karang Bolong dikarena dipantai itu terdapat karang yang berlubang (bolong) membentuk sebuah goa, didalam goa ini juga terdapat patung yang menggambarkan aktifitas pengambilan sarang burung lawet. Di pantai ini juga terdapat aktifitas para pemancing ikan oleh para penyalur hobi maupun masyarakat seetempat, mereka berderet dari dekat gowa dan berjejer dibibir pantai yang berbatu karang dan terjal.














Dipantai Karang Bolong Cilacap terdapat Goa, (08-03-2009)






Di Goa ini juga menjadi tempat bersarang burung lawet, (08-03-2009)






















Wisatawan asik berenang, (08-03-2009)




















Pengunjung juga dapat memancing ikan dipantai ini, (08-03-2009)






















Ombak yang tinggi dari Samudra Hindia, (08-03-2009)





















Memancing memang hobi yang menyenangkan, (08-03-2009)




Bagi anda yang belum pernah datang dan bertamasya ke Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah, rasanya kurang lengkap jika jiwa anda adalah jiwa petualang dan penjelajah lokasi pantai tapi belum mendatangi pantai ini, karena keindahan dan kesejukannya sangatlah memanjakan mata dan pikiran kita. Dan sekedar saran, jika anda berkeinginan datang kepantai ini maka alangkah baiknya jika anda menyambangi juga beberapa lokasi lain, karena pantai ini memang berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lain seperti Pantai Logending, Pantai Suwuk, Goa Jatijajar dan Goa Petruk.


Ditulis Oleh : Akhmad Mubasir.







2 komentar:

  1. pengambilan obyek kurang menunjukan keganasan ombak laut selatan

    BalasHapus
  2. Trimakasik atas sarannya.. Memang sangat disayangkn, pd saat itu kesempatan untuku mengambil gambar sangat sedik, pertama krn batre kamera mao hbs n kdua cuaca jg mao hujn.

    BalasHapus